“Search Engine” Ubah Model Kampanye Pemasaran

Dengan kemajuan teknologi yang kian pesat serta tumbuhnya pengguna internet, pola berpromosi turut berubah. Kini strategi marketing tidak hanya dijalankan melalui media offline seperti media massa tapi juga harus didukung media online di internet.

Kampanye online ini salah satu yang menjadi faktor penting adalah kegiatan pencarian (searching). Kekuatan mesin pencari (search engine) menjadi vital dalam mendukung kampanye ini. Demikian disampaikan Head of Search Marketing SEA Group M Interaction, Sanchit Sanga, Senin (4/10/2010), di Hotel Dharmawangsa, Jakarta.

“Kegiatan pencarian kini dilakukan orang tiap hari. Tiap hari manusia memerlukan informasi dan kegiatan mencari informasi ini yang kemudian berubah menjadi tingkah laku sosial,” ujar Head of Search Marketing SEA, Sanchit Sanga, Senin (4/10/2010), dalam seminar “Digital is Now”, di Hotel Dharmawangsa, Jakarta.

Ia mengungkapkan tingkah laku tersebut merupakan potensi untuk memasarkan produk. Tren pencarian informasi pun mulai berkembang dari yang sifatnya offline menuju ke online dengan adanya perkembangan teknologi.

Berdasarkan survei, ungkap Sanchit, 74 persen orang tidak bisa membayangkan kalau tidak melakukan kegiatan pencarian online. Selain itu, tiga dari lima orang menggunakan fasilitas mesin pencari tidak hanya untuk menghimpun info tapi juga untuk membeli produk. “Dan tiap harinya 9,1 juta orang mengakses Google. Ini adalah bukti betapa kegiatan pencarian ini sangat powerful,” ungkap Sanchit.

Sanchit menilai ada empat prinsip untuk memanfaatkan paid search agar lebih dekat dengan konsumen yakni relevan, strategic, terbuka, dan terpusat pada konsumen. “Brand harus mengerti informasi apa saja yang dibutuhkan konsumen, sehingga saat konsumen mengetikkan keyword, ia akan mendapatkan informasi yang tepat dibutuhkannya,” ujarnya.

Kunci lainnya adalah dengan tidak meninggalkan offline campaign. “TVC adalah pendorong terbesar orang untuk melakukan searching online. Oleh karena itu, baik offline maupun online campaign harus dikolaborasikan dengan baik,” tandas Sanchit.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: